Blog

Idul Adha Berkarakter Ala SMPIS oleh FAZA KASYIFA *)

Pada bulan September, tepatnya pada minggu ke-empat, SMP Islam Sabililllah mengadakan berbagai kegiatan untuk memperingati tahun baru islam, Idul Adha. Mulai dari lomba manasik haji, sholat ied bersama di masjid SMP Islam Sabilillah, menyembelih hewan qurban, membagikan daging hewan qurban kepada masyarakat sekitar dan juga orang-orang yang membutuhkan, lomba manasik haji, lomba video manasik, lomba penelitian dan bedah organ, hingga lomba memasak sate.

 

Ketika tanggal 26 September, siswa-siswi beserta wali kelas melaksanakan manasik haji di sekitar lingkungan sekolah. Para panitia telah menyiapkan buku panduan manasik haji, untuk membantu jalannya kegiatan manasik haji tersebut. Manasik haji ini, dilombakan untuk setiap kelas. Terlihat beberapa anak memegang kamera untuk mengambil video kegiatan manasik haji ini. Siswa-siswi tersebut, adalah perwakilan kelas yang mengikuti lomba video. Dengan semangat mereka mengambil gambar kelas masing-masing. Sama seperti para siswa yang mengikuti manasik haji. Merekapun juga sangat bersemangat. Terlihat, setiap kelas dengan kompak mengerjakan rangkaian dari manasik haji.

 

Pada tanggal 24 September, di masjid SMP Islam Sabilillah terlaksana kegiatan sholat id yang di ikuti oleh seluruh siswa-siswi SMP dan SMA Islam Sabilillah. Kegiatan ini melibatkan seluruh guru dan anggota OSIS. Terlihat dengan ramah beberapa anggota OSIS dan guru-guru menyambut ย kedatangan siswa-siswi Sabilillah beserta keluarganya yang akan melaksanakan sholat ied. Setelah disambut, siswa-siswi yang datang diwajibkan tandatangan untuk mendata jamaโ€™ah yang mengikuti solat ied tersebut.

 

SMP Islam Sabilillah juga mengadakan kegiatan menyembelih hewan qurban tepatnya pada tanggal 26 September. Anggota OSIS ikut membantu melancarkan kegiatan ini. Para guru dan anggota osis sibuk memotong, menimbang, daging hewan qurban. Kegiatan ini dimulai dari pagi hari hingga siang sekita jam 09.00. Sementara itu, para siswa yang telah menjadi perwakilan kelas, mengikuti lomba-lomba. Ada beberapa lomba yang diikuti para siswa. Yang pertama lomba memasak sate, yang nantinya akan dibaikan untuk para tukang becak yang berjumlah 60 orang di Malang raya. Di lomba memasak sate ini, ada juga Show Masterchef Indonesia Junior. Setelah itu terdapat juga lomba membuat video. Siswa-siswi yang mengikuti lomba ini, akan mengedit video yang sudah mereka rekam ketika manasik haji. Kegiatan terakhir lomba penelitian dan bedah organ. Sebelum lomba ini dimulai, pada beberapa minggu sebelumnya setiap kelompok yang terdiri dari 3-5 siswa diwajibkan untuk membuat proposal penelitian terlebih dahulu. Penelitian ini telah menghasilkan berbagai masalah yang ingin diteliti dan kemudian disajikan dalam beberapa judul.

 

Setelah kegiatan menyembelih hewan kurban, anggota OSIS beserta siswa-siswi yang tidak mengikuti lomba, membagikan daging hewan qurban kepada beberapa daerah. Ada yang ke warga sekitar, panti asuhan, hingga seberang sungai Brantas. Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan karakter cinta sesama yang telah ditanamkan pada siswa-siswi Sabililah.

 

*) Ananda merupakan anggota ekstra Jurnalis dari kelas 8E

 

No Comments Yet


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *