Blog

ANJUNGAN KARAKTER SMP ISLAM SABILILLAH MALANG

MALANG – Ada yang istimewa dalam peringatan HUT ke 15 SMP Islam Sabilillah, Sabtu (10/2/18). Sekolah yang beralamat di Piranha Atas itu memersembahkan layanan bernama Anjungan Karakter Mandiri (AKM).
AKM merupakan IT base yang berisi tampilan menu pelanggaran, menu absensi, menu izin, menu agenda, menu video terbaru serta menu chatting. Namun untuk menu chatting, AKM masih dalam pengembangan. Tentu saja dengan adanya AKM ini akan sangat membantu orang tua dalam memantau anak, mulai dari kehadiran, kelengkapan atribut, hingga aktivitas anak di sekolah. AKM juga mengantisipasi pelanggaran yang sekiranya dilakukan oleh siswa, sehingga orang tua ikut memperhatikan dan membantu mempersiapkan keperluan anak. Siswa dituntut aktif melaporkan seluruh kegiatan sekolah melalui AKM. Selain itu, orang tua juga dipermudah dalam hal izin. Sementara itu, dalam hal perizinan masuk sekolah, orang tua dapat melakukan pengajuan izin melalui surat kemudian difoto dan diupload ke menu izin di AKM sehingga sekolah yang akan melakukan verifikasi.
Program digital sekolah yang berbasis web ini digagas Kepala SMP Islam Sabilillah, Idi Rathomy Baisa, S.Pd, M.Pd untuk memberi kesempatan secara mandiri kepada siswa dalam menilai karakternya sendiri tanpa ditegur. Di samping itu juga memudahkan orang tua untuk bisa memantau karakter anaknya dalam hal absensi, pelanggaran, dan pengajuan izin. Program ini memperkuat implementasi Penguatan Pendidikan Krakter (PPK) yang sudah dicanangkan oleh pemerintah.
HUT SMP Islam Sabilillah Malang mengambil tema “My Dream Technology”.  Dalam kegiatan tersebut diadakan pameran teknologi  dalam rangkaian kegiatan My Technolog Festival yang  telah dibuka dan dihadiri oleh Kadis Pendidikan Kota Malang dan Direktur LPI Sabilillah Malang, orang tua/wali siswa, dan siswa di lingkungan Sekolah Islam Sabilillah Malang (SISMA). Beberapa karya yang dipamerkan tersebut adalah robotika, KIR, dan hasil dari PjBL. Karya yang dipamerkan memang memuat ide-ide kritis dan kreatif dari siswa yang membuat para pengunjung takjub.
Pada kesempatan tersebut, pengunjung juga diberikan kesempatan untuk memperoleh penjelasan dan informasi tentang karya siswa.  Yasmin,  salah satu siswa SMP Islam Sabilillah Malang, sangat antusias menjelaskan karyanya tentang Automatic Badcover Alarm, yang mampu membangunkan seseorang yang tertidur sesuai dengan kondisi tubuh yang bugar saat terbangun dari tidur.  Masya, siswa SMPIS juga menjelaskan cara kerja sebuah alat produksi garam secara higienis agar krisis garam di tanah air bisa terpecahkan. Pameran ini akhirnya membuat dirinya mengetahui bahwa teknologi bisa diperoleh di sekitar kita dan bisa dimanfaatkan bagi kehidupan.

Tak kalah menarik dalam pameran tersebut adalah robotika, Tim Robotika SMP Islam menampilkan robot line followers  dan robot Sabilillah.
“ Robot line followers ini didesain untuk mengikuti garis hitam, dan bisa dikembangkan untuk mengemudikan mobil tanpa sopir dan mampu menekan kecelakaan. Sedangkan robot Sabilillah ini ternyata mampu bergerak untuk mengangkat barang sebagai pelayan, menata buku atau barang bahkan bisa dimanfaatkan untuk mengangkat pekerjaan berat lainnya.” ujar Fafa, anggota ekstra robotika.
Menurut Idi Rathomy Baisa, S.Pd, M.Pd, Kepala SMP Islam Sabilillahkegiatan pameran  ini merupakan hasil pembelajaran PJBL yang dikembangkan dalam sistem pendidikan di Sabilillah. Pembelajaran proyek ini diarahkan agar siswa mampu mengembangkan keterampilan abad 21, yaitu kemampuan 4’C siswa (Critical Thinking, Creativ Thinking, Colaboration, and communication).
“Ke depannya kami akan terus mengembangkan manajemen berbasis IT berupa pembelajaran berbasis teknologi atau dikenal dengan e-learning,  sebagai wahana belajar siswa di rumah untuk memperkuat pembelajaran di sekolah,” urainya.
Pameran teknologi tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT SMP Islam Sabilillah Malang yang ke-15 tahun. Rangkaian kegiatan juga dimeriahkan dengan Lomba Futsal, Sekolah Juara, Olimpiade US/UN Sekolah Dasar, Poster, Student Gathering, dan pemilihan guru/pegawai favorit pilihan siswa (Pilgurfasis) 2018. Pada acara puncak, Sabtu lalu, juga digelar serangkaian kegiatan, seperti pembacaan salawat, istighosah, pengajian, dan senam di halaman basket SMP Islam Sabilillah Malang.
Dengan beragam prestasi dan keunggulan yang dimiliki SMP Islam Sabilillah Malang tersebut, pada tahun pelajatan 2018/2019 ini membuka kesempatan bagi orang tua yang ingin menyekolahkan putra/putrinya dipersilahkan mendaftarkan  diri pada panitia Penerimaan Siswa Baru SMP Islam Sabilillah Malang yang telah dibuka pada tanggal 7-22 Februari 2018.

No Comments Yet


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE