Blog

BELAJAR MEMBUAT ROKET AIR

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) SMP Islam Sabilillah Malang ke-13, akan diselenggarakan lomba rekayasa teknologi sederhana. Tema kegiatan ini adalah “Inspiring The Future”. Dengan inspirasi dari karya karya rekayasa teknologi, diharapkan peserta didik dapat menduplikasi bahkan menciptakan karya-karya baru yang dapat menginspirasi masyarakat luas.
Kegiatan lomba rekayasa teknologi sederhana ini dilaksanakan untuk mendukung, mewadahi, memfasilitasi, dan menyalurkan minat dan bakat peserta didik di bidang teknologi. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat ikut serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, mengeksplorasi kreativitas peserta didik agar dapat meningkatkan peran dan sumbangsih pendidikan dalam perkembangan bidang rekayasa teknologi

Pada kesempatan hari ini, Sabtu 23 januari 2016 ada sekitar 10 siswa yg tergabung dlm kelas olimpiade melakukan eksperimen Rekayasa teknologi dengan membuat roket air sederhana, percobaan ini merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan teknologi sejak dini dan mengajarkan siswa berfikir kritis, kreatif dan berfikir tingkat tinggi (high thinking order). Dalam pembelajaran IPA, siswa yg tergabung dlm kelas olim ini telah mempelajari tentang berbagai hukun fisika tak terkecuali ttg percobaan roket ini. Tujuan dr pembuatan ini mengembangkan bakat dan minat siswa khususnya dlm bidang teknologi yg nantinya akan diintegrasikan dgn peringatan HUT SMPIS ini. Pada pelaksanaanya sekolah bekerjasama dengan salah satu wali murid yg juga merupakan dosen Teknik Elektro UB Ibu Rahmadwati, S.T., M.T., Ph.D yg didampingi dua mahsiswanya Diana dan Roni. Ibu Rahma dan dua rekan mahasiswa ini mengajarkan kepada 10 siswa SMP Islam Sabilillah ttg tata cara membuat roket air. Rencananya roket air tersebut akan diluncurkan ketika gebyar acara HUT. Adapun bahan yg diperlukan untuk membuat roket ini tidaklah sulit. Roket ini terbuat dari bahan bahan bekas seperti botol besar, ban karet bekas, paralon, tutup paralon, mika bekas map, dan masih banyak lagi yg lainnya. Ananda Azzam menuturkan cara pembuatanya tidaklah sulit, pertama-tama Tutup botol dilubangi sesuai dgn paralon yg tersedia, kemudian map dibentuk kerucut dan direkat kan di Pangkal botol. Setelah itu, botol di isi air dan diletakkan di atas paralon sedemikian rupa, paralon di beri tekanan udara dan roket pun siap diluncurkan.

Pembuatan roket ini masih dimulai hari ini dan akan terus dilanjutkan sampai finish. Rencananya roket ini akan dijadikan symbol peringatan HUT SMPIS yg ke-13, kl biasanya ada pelepasan balon kali ini akan kita lepas dengan 3 roket hasil karya siswa yang sudah di hias. Selain itu aka nada pameran hasil rekayasa teknologi lainnya yang dibuat oleh siswa-siswi smp islam sabilillah, dari kelas VII-IX. Ada berbagai macam produk yang akan dibuat siswa diantaranya roket air, energy alternate bayu(angina), hologram, baterai apel dll. Semoga pengembangan proyek pembelajran ini dapat memacu semangat siswa dlm mengembangkan suatu rekayasa teknologi.

No Comments Yet


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *