Berita

Akulturasi 3 Musik, Juara Pertama Nasional

Akulturasi 3 Musik, Juara Pertama Nasional

MALANG KOTA – Tahun lalu grup musik orkestra  SMP Islam Sabilillah Malang sukses menorehkan prestasi prestisius di tingkat nasional. Mengikuti lomba cover lagu ”Hubbul Wathan” di tingkat nasional, mereka pun keluar sebagai juara pertama. Akulturasi musik dari 3 budaya menjadi senjata utama grup musik tersebut. Mereka melakukan penggabungan dari musik band, violin, cello (instrumen musik orkestra), gamelan Jawa, dan al-banjari.

Tiara Azalia Aronggear, pemain biola dari Grup Musik Orkestra SMP Islam Sabilillah Malang, mengatakan bahwa konsep itu murni berasal dari seluruh anggota. ”Jadi, uniknya orkestra di sini itu aransemen orkestranya digabung sama band dan alat musik tradisional. Seperti angklung dan gamelan,” terang dia. Sebelum turun lomba, dia menjelaskan bila grup musiknya harus melalui proses latihan dan aransemen lagu selama 2 bulan.

”Kalau main bareng dalam satu orkestra kan harus bisa kompak dan harmonis sama pemain lain. Maka dari itu latihannya harus lebih intensif,” imbuh Tiara. Catatan prestasi tahun lalu membuat grup musik orkestra mereka mendapat predikat juara bertahan. Sebab, di tahun sebelumnya, mereka juga keluar sebagai juara pertama. Selain dijadwalkan turun dalam lomba, grup musik mereka juga menjadi penampil rutin dalam ajang Symphony Khasanah Bangsa (SKB) Siswa Sabilillah. ”Kami saat ini juga berlatih buat SKB, selain itu kami juga pernah lho juara 6 lomba band yang diadakan Radar Malang,” tutupnya.

Penyunting : Errica
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Bayu Mulya

https://radarmalang.jawapos.com/akulturasi-3-musik-juara-pertama-nasional/