Blog

WAWANCARA ORANG TUA DAN REFERENSI SURAT KABAR ATAU INTERNET DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI Oleh Kusmiati, S.Pd. *)

  1. Pendahuluan

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan yang signifikan terhadap berbagai dimensi kehidupan manusia. Oleh karena itu agar pendidikan tidak tertinggal dari perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) tersebut perlu adanya penyesuaian-penyesuaian, terutama yang berkaitan dengan faktor-faktor pengajaran di sekolah. Salah satu faktor tersebut adalah media pembelajaran, karena dengan adanya media dalam pembelajaran dapat membantu para guru dan staf pengajar dalam menyampaikan pesan pembelajaran serta lebih cepat dan lebih mudah ditangkap oleh para siswa. Media memiliki kekuatan-kekuatan yang positif dan sinergi yang mampu merubah sikap dan tingkah laku ke arah perubahan yang kreatif dan dinamis. Sehubungan dengan hal itu, peran media sangat dibutuhkan dalam pembelajaran dimana dalam perkembangannya saat ini media bukan lagi dipandang sekendar alat bantu tetapi merupakan bagian yang integral dalam pendidikan dan pembelajaran.

Dalam pembelajaran menulis Teks Laporan Hasil Observasi kelas VII, digunakan media wawancara orang tua dan mencari berbagai sumber dari internet, surat kabar atau majalah guna mendukung pembelajaran. Media ini diharapkan sangat efektif untuk merangsang siswa tertarik dalam pembelajaran menulis Teks Laporan Hasil Observasi. Dengan media ini memungkinkan siswa dapat belajar lebih kaya lagi tentang lingkungan dan mencarinya dari berbagai sumber tertulis dan lisan, di samping itu juga dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab, kreatif,  menghargai, mencintai dan bangga terhadap lingkungan alam sekitarnya, terutama alam Indonesia.

 

  1. Tujuan

Melakukan wawancara dan mencari berbagai sumber dari internet dan surat kabar tentang lingkungan hidup, siswa menuliskan apa yang sudah dibaca dan didengarkan, kemudian mencoba untuk menuliskannya dalam sebuah teks Laporan Hasil Observasi sesuai dengan struktur teksnya.

 

  1. Alat dan Bahan
  • Pertanyaan untuk wawancara yang dibuat oleh siswa sesuai dengan tema.
  • Internet dan surat kabar
  1. Langkah Kerja
  • Siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok kecil beranggotakan antara 3-6 orang.
  • Masing-masing kelompok ditugasi memilih topik tertentu sesuai dengan tema yang telah ditentukan yaitu tentang lingkungan hidup.
  • Siswa beserta kelompoknya merancang wawancara dengan orang tuanya dan mencari sumber dari internet dan surat kabar.
  • Hasil wawancara itu digunakan sebagai bahan dalam menyusun teks laporan hasil observasi.
  • Hasil Produknya

 

*) Guru Bahasa Indonesia & Bahasa Daerah SMP Islam Sabilillah Malang

No Comments Yet


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *