Blog

GELAR MANASIK, DIREKAM KAMERAMEN MUDA

SMPIS – Ratusan siswa SMP Islam Sabilillah Malang mengikuti kegiatan manasik haji, kemarin (19/9/15). Nampak pesawat tanpa awak terbang rendah merekam proses kegiatan manasik tepat berada di miniatur Ka’bah yang telah dipersiapkan oleh panitia. Tak hanya dua drone yang dipakai untuk merekam, ada juga beberapa kelompok lain nampak membawa kamera tongsis yang sudah dipasang video. Ada juga yang membawa kamera DSLR dan menugaskan salah satu anggotanya untuk mengambil setiap kegiatan yang dilakukan. Dengan penuh hikmat para siswa menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji  mulai ihram hingga akhir. Sebelumnya, ‘jamaah haji’ ini melakukan miqat dan wuquf di ‘padang arafah’ yang lokasinya di halaman depan SMP Islam Sabilillah. Satu per satu rangkaian kegiatan ibadah haji diikuti dengan penuh kesungguhan. Meski cuaca siang itu cukup terik, namun seluruh jamaah mengikuti tuntunan haji hingga usai. “ teman-teman terliat sibuk mengabadikan setiap proses kegiatan manasik haji, seperti krisna yang mengoperasikan drone untuk mengabadikan moment, dan beberapa siswa lainnya juga bergaya seperti kameramen di televisi” ungkap Ahmed Fanani Sudarto siswa kelas 9D.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya, Tahun ini, ada lomba pembuatan video kegiatan manasik haji yang digelar antar kelas dan hasilnya akan dipresentasikan pada Sabtu 26 September 2015, jadi ada waktu satu minggu untuk proses editing video” ungkap Waka Kesiswaan & Humas Dwi Efendi S.Pd.
Sebelumnya, kemarin siswa juga ditugaskan membuat slide tentang tata cara dan doa lengkap manasik haji. Slide ini lebih dulu dipresentasikan di depan juri baru kemudian dibawa ke kelas dan dipaparkan di depan temannya.
”Jadi anak-anak faham mengenai tata cara haji dari temannya sendiri, para guru hanya bertugas memantau kalau ada yang penjelasanya kurang pas,” kata dia.

Selain manasik haji ini, siswa sudah dilatih untuk belajar berkurban, yakni dengan cara mengumpulkan amal sodaqoh setiap hari yang nantinya akan dibelikan hewan kurban sapi/kambing yang nantinya akan dibagikan langsung kepada warga yang berhak. Hal ini  bertujuan sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah dan peduli kepada sesama. Selain sodaqoh siswa, panitia juga menerima hewan qurban dari Ananda dan Orang Tua Wali Siswa.  Agenda agenda menarik lainnya juga akan dilaksanakan pada peringatan Hari Raya Idul Adha SMPIS tahun ini. Siswa yang tergabung dalam komunitas karya tulis ilmiah masing-masing kelas, akan menyiapkan sejumlah penelitian menarik seputar hewan kurban. Diantaranya membandingkan kulatias daging kurban yang tertutup daun papaya ketika diproses memasak sate dengan yang tidak, untuk mengetahui kadar empuknya sate ketika di makan. Ada juga lomba masak sate terpanjang, demo masak dari siswa SMPIS yang juga Master Chef Junior Akbar, dan pembagian sate untuk tukang becak. (AF)

No Comments Yet


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE