Blog

MENUJU GREEN SCHOOL FESTIVAL 2K18

Pada tanggal 28 Agustus 2018, hari Selasa SMP Islam Sabilillah Malang melakukan pembuatan peta isu untuk Green School Festival tahun 2018. Setiap isu mendapat tugas masing-masing, terdapat 9 isu yaitu, isu energy, sampah, literasi teknologi dan informasi, air dan limbah cair, resiko, tanaman, UKS, kantin sehat, peta umum. Pembuatan peta mapping setiap isu dikerjakan oleh kelompok masing-masing, pembuatan peta mapping hanya membutuhkan waktu sehari saja. Setelah pembuatan peta mapping, setiap kelompok akan mempresentasikan hasil dari peta mapping yang sudah kami buat.

Hari Rabu tanggal 29 Agustus 2018, kami akan melakukan aksi lingkunganΒ  untuk setiap isu, contohnya isu literasi teknologi dan informasi. Isu literasi teknologi dan informasi akan melakukan aksi yang berhubungan dengan majalah dinding (mading), majalah, buku bacaan, juga media sosial. Isu literasi teknologi dan informasi akan menghias mading sekolah yang kosong dengan bacaan tentang lingkungan, yang unik juga berbeda dari mading lainnya. Tidak hanya itu, tim isu literasi teknologi dan informasi akan mengupload video tentang lingkungan sekolah yang di upload di Instagram, youtube SMP Islam Sabilillah Malang.

Tujuan dari adanya mading dengan kreasi yang unik juga mengupload video lewat media sosial adalah, agar siswa dan guru makin mengerti seberapa pentingnya menjaga lingkungan, melalui media yang sering dipakai. Mengapa melalui media sosial? Karena, media sosial adalah media yang dapat dilihat oleh siapa saja dan sangat bermanfaat, dan murid disini tidak tertarik untuk membaca tetapi sangat senang dengan media sosial. Jadi tim isu literasi teknologi dan informasi mencari ide yang sesuai dengan kepribadian siswa disini.

Kami juga akan melakukan presentasi pada semua siswa di sekolah ini pada tanggal 30 Agustus 2018, hari Kamis. Setiap tim akan mempresentasikan peta mapping maupun aksi lingkungannya. Presentasi ini akan menyadarkan siswa-siswa dan para guru agar menjaga lingkungan dengan begitu sekolah kami SMP Islam Sabilillah Malang akan menjadi indah dan bersih. Kami ingin jika sekolah kami akan selalu bersih dan indah, tapi bukan jika hanya ada ajang kebersihan. Tapi kami ingin rasa itu muncul dan selalu ada di dalam hati siswa sabilillah.

Oleh Farsya 7B

No Comments Yet


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *