Blog

Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Memudahkan Siswa Memahami Basa Rinengga Dalam Pembelajaran Bahasa Jawa

ODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MEMUDAHKAN SISWA MEMAHAMI BASA RINENGGA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA
Oleh: Kusmiati, S.Pd

1. Pendahuluan

Mind mapping merupakan cara untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambilnya kembali ke luar otak. Bentuk mind mapping seperti peta sebuah jalan di kota yang mempunyai banyak cabang. Seperti halnya peta jalan kita bisa membuat pandangan secara menyeluruh tentang pokok masalah dalam suatu area yang sangat luas. Dengan sebuah peta kita bisa merencanakan sebuah rute yang tercepat dan tepat dan mengetahui kemana kita akan pergi dan dimana kita berada.
Mind mapping bisa disebut sebuah peta rute yang digunakan ingatan, membuat kita bisa menyusun fakta dan fikiran sedemikian rupa sehingga cara kerja otak kita yang alami akan dilibatkan sejak awal sehingga mengingat informasi akan lebih mudah dan bisa diandalkan daripada menggunakan teknik mencatat biasa.
Mind mapping, disebut pemetaan pikiran atau peta pikiran, adalah salah satu cara mencatat materi pelajaran yang memudahkan siswa belajar. Mind mapping bisa juga dikategorikan sebagai teknik mencatat kreatif.
Dikategorikan ke dalam teknik kreatif karena pembuatan mind mapping ini membutuhkan pemanfaatan imajinasi dari si pembuatnya. Siswa yang kreatif akan lebih mudah membuat mind mapping ini. Begitu pula, dengan semakin seringnya siswa membuat mind mapping, dia akan semakin kreatif.
Mind mapping merupakan tehnik penyusunan catatan demi membantu siswa menggunakan seluruh potensi otak agar optimum. Caranya, menggabungkan kerja otak bagian kiri dan kanan. Dengan metode mind mapping siswa dapat meningkatkan daya ingat hingga 78%.
2. Langkah-langkah pembelajarannya:

1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
2. Guru menyajikan materi sebagaimana biasa.
3. Guru membentuk kelompok dua-empat orang.
4. Menugaskan siswa brosing materi tentang basa rinengga, dari pengertian, tujuan, jenis-jenisnya, dan contoh penggunaan dalam kalimat.
5. Menugaskan siswa menuliskan apa yang didapatkan dari brosing internet tersebut pada kertas buffalo dan kertas lipat berbagai warna .
6. Menugaskan siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil kerjanya di depan kelas. Sedangkan kelompok lain menanggapi hasil presentasi temannya.
7. Guru memberikan penguatan dan mengulangi/menjeaskan kembali materi yang kiranya belum dipahami oleh siswa.
8. Untuk mengetahui hasil pemahaman siswa, guru melakukan post tes secara lisan atau tulis mengulangi/menjelaskan kembali materi yang kiranya belum dipahami siswa.
7. Kesimpulan/penutup.

3. Prinsip Dasar Mind Mapping
Mind Mapping menggunakan teknik penyaluran gagasan dengan menggunakan kata kunci bebas, simbol, gambar, dan menggambarkan secara kesatuan dengan menggunakan teknik pohon.

4. Kelebihan dan Kekurangan mind mapping
Ada beberapa kelebihan saat menggunakan teknik mind mapping ini, yaitu :
a. Cara ini cepat
b. Teknik dapat digunakan untuk mengorganisasikan ide-ide yang muncul dikepala anda
c. Proses mengganbar diagram bisa memunculkan ide-ide yang lain.
d. Diagram yang sudah terbentuk bisa menjadi panduan untuk menulis.

Kekurangan model pembelajaran mind mapping:
a. Hanya siswa yang aktif yang terlibat
b. Tidak sepenuhnya murid yang belajar
c. Jumlah detail informasi tidak dapat dimasukkan

2

1

No Comments Yet


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *