Blog

Perindah Tempat Sampah untuk Memikat Perhatian

Malang- Siswa SMP Islam Sabilillah Malang berbondong-bondong dalam melakukan pengecatan pada seluruh tempat sampah yang dimilki oleh sekolah. Beberapa siswa yang tergabung pada pogja sampah bekerja sama dengan pogja literasi (28/10/17). Tujuan ini dilakukan untuk menarik perhatian masyarakat dalam melakukan pembuangan sampah pada tempatnya. Selain itu, dalam kegiatan ini siswa melakukan pengecatan tempat sampah dengan tujuan memudahkan dalam proses pemisahan sampah organik (warna hijau) dan sampah an organik (warna kuning).

Dengan kegiatan ini, beberapa siswa kelas 7 dan 8 wajib yang tergabung pada pogja sampah dan literasi melakukan pengecatan serta membuat stiker bertuliskan Organik dan An Organik. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menumbuhkan cinta linkungan dengan membuang sampah pada tempatnya dan tak lupa juga melakukan pemisahan terhadap sampah organik dan anorganik. Dengan harapan agar pengolahan lebih mudah. Dalam hal ini, selain sebagai ajang untuk mencintai lingkungan, juga sekaligus untuk membiasakan wagra sekolah ataupun tamu yang datang untuk membuang sampah pada tempatnya. “Sebagian teman-teman membuang sampah tidak dengan pemilahan sehingga sampah tercampur-campur,” ujar Dhaffin, salah satu anggota pgja sampah.

Pada proses ini siswa sangat antusias dengan didampingi guru penannggung jawab pogja yang bersangkutan, pengecatan sapat terselesaiakan dalam 2 hari lengkap dengan penempelah stiker identitas Organik dan An Organik. Mulai dari melakukan pembersihan cat dasar, kemudian pengeringan, sampai memberikan cat dasar yang baru, dan diakhiri dengan cat warna kuning dan hijau.

Dilingkungan sekolah SMP Islam Sabilillah Malang terdapat kurang lebih 30 tempat sampah. Diantaranya terletak pada masing-masing depan kelas lantai 1, lantai 2, dan lantai 3. Depan masjid, depan LAB IPA, di ruang tata usaha, halaman belakang dan halaman depan, depan koperasi, dll.

No Comments Yet


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE