Blog

Peringati Hari Kartini Dengan Lomba Membatik

Malang Kota – Peringatan hari Kartini, 21 April di SMP Islam Sabilillah dikemas dengan berbagai kegiatan menarik. Salah satunya lomba membatik dan desain baju Kartini Modern. Lomba tersebut tampak diikuti siswa dengan antusias.

Misalnya, Aisyah Putri Kamila siswa kelas 7 SMP Islam Sabilillah yang tampak sangat terampil menguratkan pensil warnanya dalam membuat motif batik yang dibuatnya. “Saya membuat motif bunga, ingin menunjukkan Kartini perempuan yang lembut meskipun seorang pelopor,” ungkapnya.

Sementara itu, Amira Farras siswa kelas 8, lebih memilih motif naga emas yang dipadukan dengan bunga guna menyimbolkan perempuan anggun sekaligus kuat dalam goresan karya desain batiknya.

Kepsek SMP Islam Sabilillah Malang, Idi Rathomy Baisa, M. Pd, mengatakan ini merupakan, apresiasi kita kepada siswa bahwa mereka memiliki karakteristik, kemampuan, bakat, dan minat yang berbeda-beda. ”Untuk itu seluruh siswa kita libatkan agar tumbuh rasa percaya diri, dan meningkatkan kreativitas dan kemampuannya,” ujar Ida.

Sementara itu, ketua pelaksana Ibu Kusmiati mengatakan, tujuan dari kegiatan ini agar siswa memahami pentingnya perjuangan perempuan Indonesia untuk memiliki akses pendidikan guna mencapai emansipasi tanpa meninggalkan kodrat dirinya sebagai perempuan.

”Sekarang ini, bagaimana siswa yang ada tetap dapat mengambil hikmah dari perjuangan kartini. Sehingga jiwa emancipator tetap ada,” pungkasnya. (kis)

No Comments Yet


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE