Blog

Revolusi Pembelajaran di Tahun Ajaran Baru 2016/2017

Karakter adalah sifat batin yang mempengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti, dan tabiat yang dimiliki manusia atau makhluk hidup lainnya. Karakter memiliki hubungan dengan akhlak. Karakter yang baik mampu memunculkan akhlak yang baik bagi individunya. Proses pembentukan karakter dapat melalui kegiatan pembiasaan. Sebagai contoh di lingkungan SMP Islam Sabilillah selalu diterapkan karakter untuk mencintai Allah dan Rasul, cinta orang tua dan guru, cinta diri sendiri, cinta sesama, cinta alam sekitar, cinta keunggulan, cinta Iptek, cinta bangsa dan negara.

Setiap individu akan dihadapkan dengan masalah yang sama yaitu masalah duniawi. Akan tetapi, respon dari setiap permasalahan tersebut berbeda-beda karena karakter setiap individu yang berbeda-beda. Karakter yang diharapkan muncul bagi setiap individu tentunya karakter yang positif. Hal tersebut berusaha dimunculkan ketika individu menempuh jenjang pendidikan. Pendidikan yang dimaksud seperti pendidikan formal (sekolah).

Di sekolah siswa akan dididik dengan maksimal untuk memunculkan karakter yang baik bagi siswa sehingga kelak ketika mereka sudah lulus jenjang sekolah yang ditempuh akan memiliki akhlak yang baik. Akhlak yang santun merupakan kunci utama keberhasilan bagi keberhasilan siswa karena akan percuma apabila memiliki pengetahuan yang tinggi tetapi akhlaknya rendah. Oleh karena itu, SMP Islam Sabilillah Malang mengadakan kegiatan Masa Orientasi Karakter Siswa (MOKS) untuk mereview setelah siswa-siswi libur semester selama dua minggu sehingga diharapkan mereka dapat mengingat dan memperoleh ilmu baru dalam pembiasaan karakter.

Tujuan dari kegiatan ini diantarannya:

  1. Sebagai ajang untuk menerapkan karakter Ananda.
  2. Sarana peningkatan wawasan peserta didik dari segi karakter demi terwujudnya generasi muda yang mampu tampil secara mandiri, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, berdisiplin, profesional, bertanggung jawab, sehat jasmani dan rohani.
  3. Sebagai sarana untuk mempererat kerjasama dan kebersamaan antar siswa dan siswi SMPIS.

Kegiatan MOKS semester genap SMP Islam Sabilillah Malang tahun 2016 ini berbentuk:

NO NAMA KEGIATAN DESKRIPSI KEGIATAN
1 Kesadaran Tertib dan Disiplin Berupa pendataan tentang kelengkapan sekolah dan atribut yang digunakan ananda dengan mengisi format yang sudah disediakan.

2

 

Simulasi Adab di Masjid Berupa pemeragaan tentang pelaksanaan salat di dalam masjid beserta sikap yang harus dilakukan ketika berada di dalam masjid.
3 Simulasi Makan Siang Islami Berupa pemeragaan tentang pelaksanaan makan siang yang tertib, baik, dan benar dalam islam.
4 Simulasi Upacara Berupa pemeragaan tentang pelaksanaan upacara yang tertib dan khidmat.
5

Story Day (Presentasi Cerita yang Menginspirasi)

 

Berupa cerita inspirasi yang diceritakan oleh setiap kelompok kepada teman-temannya sehingga cerita inspirasi tersebut diharapkan mampu memberikan motivasi bagi setiap ananda
6 AKU BISA LEBIH BAIK (Target-target di Semester 2) Berupa pengisian target-target yang harus Ananda capai pada semester 2 beserta usaha yang akan dilakukan agar menjadi lebih baik.
7 AKU 3S (Target Ujian Nasional) Berupa pengisian target-target yang harus Ananda capai pada Ujian Nasional beserta usaha yang akan dilakukan agar menjadi lebih baik.
8 Tali Rafia Game (Leadership Game) Berupa permainan yang bertujuan untuk melatih kekompakkan dan kesabaran dalam kerja antar tim.
9 Penyuluhan Kesehatan Reproduksi & Pergaulan oleh dokter dari Puskesmas Mojolangu Berupa pemberian wawasan kepada siswa dan siswi yang disampaikan oleh pakarnya (dokter dari puskesmas).
10 Curhat Dong (Problem Solving Siswa) Berupa pemecahan masalah yang dilakukan oleh siswa bersama dengan wali kelas/wali asuh masing-masing jenjang kelas.

Harapnnya semoga kegiatan di awal Tahun Pembelajaran ini bisa menjadi Revolusi Pembelajaran semua Ananda bisa menjadi pribadi yg unggul, santun dan berakhlaqul karimah.Amin

No Comments Yet


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *