Blog

SMP Islam Sabilillah Waqaf ALMUS, apa itu???

Rangkaian kegiatan Pesantren Ramadhan yang telah digelar oleh SMP Islam Sabilillah adalah pelaksanaan waqaf ALMUS ( Al-Qur’an, mukenah, sarung) berlangsung pada hari Rabu, (14/6). Di samping penyaluran waqaf Almus tersebut, beberapa siswa juga tampak gembira dan antusias melakukan kegiatan tadarus Al-Qur’an dan bersih-bersih masjid di daerah pinggiran kota Malang.
Beberapa masjid yang dituju untuk kegiatan tersebut antara lain beberapa masjid Baiturrahman yang berada di Lesanpura yang diterima oleh takmir masjid bapak M. Khotib, mushala di RSIA Refa Husada yang telah diterima drg.Muhammad Ali Syafaat dan di masjid Al-Mubarokah diterima oleh takmir masjid bapak Bambang Budiono.
“Salut kepada adik-adik pelajar SMP Islam Sabilillah ini yang telah melakukan kegiatan positif di bulan ramadhan ini melakukan waqaf Almus dan kegiatan bakti sosial berupa bersih-bersih masjid dan tadarus di masjid ini.” ujar Bapak M.Khotib selaku takmir masjid Baiturrahman.
Hal serupa juga dikemukakan oleh drg. Muhammad Ali Syafaat selaku penanggung jawab harian di RSIA Refa Husada yang mengatakan bahwa Al-Qur’an dan perlengkapan shalat ini sangat berguna bagi para pengunjung maupun pendamping pasien di rumah sakit ini,” ujarnya.
Menurut Bapak Bambang Budiono menyatakan bahwa “Kami sangat senang atas waqaf Al-Qur’an dan perlengkapan shalat yang berupa mukenah dan sarung ini. Ini sangat bermanfaat bagi jamaah yang mampir ke masjid ini tetapi lupa membawa perlengkapan shalatnya,”ujar takmir masjid Al-Mubarokah yang berada di Bumiayu Kedungkandang-Malang. Dan pada hari ini (15/6) penyaluran dilaksanakan di musholah Radar Malang, penyerahan waqaf ALMUS dan almari sebagai tempatnya. Alhamdulillah hal ini disambut dengan tangan terbuka oleh perwakilan dari Radar Malang.
Di samping kegiatan waqaf ALMUS dan kegiatan baksos, ad juga Ramadhan project merupakan aplikasi dari proses pembelajara based learning (PjBl), Ta’jil Gratis, Buber & Sholat Tarawih berjamaah dis ekolah, Zakat, Amal dan Shodaqoh dengan tujuan menjadi sarana belajar Ananda yang nantinya akan disalurkan panti asuhan dan warga sekitar sekolah yang berhak, dan dipenutupan pesantren ramadhan hari jum’at 16 juni nanti Ananda akan Belajar Wirausaha yakni pembuatan produk-produk bernilai ekonomis seperti amplop lebaran, bros, toples hias dan gantungan kunci untuk dijual pada acara pasar murah, selain itu juga ada Pasar Murah barang layak jual oleh Majelis Orang Tua Siswa (MOS) selanjutnya dijual kepada masyarakat sekitar sekolah dengan harga murah dan bazar sembako dan Kado Lebaran berupa bingkisan untuk anak-anak yatim dan kaum dhuafa.
Rangkaian acara pesantren ramadhan tersebut merupakan upaya yang dilakukan oleh sekolah dalam rangka penguatan pendidikan karakter siswa sabillillah dengan menerapkan 8 cinta, yaitu cinta Allah dan Rasul, cinta orang tua dan guru, cinta diri sendiri, cinta sesama, cinta alam sekitar, cinta IPTEK, cinta keunggulan dan cinta bangsa dan negara.

No Comments Yet


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *